Cara Mengganti DNS dengan DNS Publik milik Google dan OpenDNS

Bagi pengguna internet di Indonesia, sering kali kita mendengar cerita tentang layanan yang kurang memuaskan dari pihak internet provider. Mulai koneksi yang sering putus, download super lambat, biaya langganan yang mahal dan masih banyak lagi. Meskipun kenyataannya seperti itu, kita sebagai anak negeri tetap harus berfikir positif dan berharap agar kedepannya masalah tersebut dapat teratasi sehingga kita bisa menikamati koneksi internet yang berkualitas dan tentunya dengan harga yang lebih murah

Salah satu sebab mengapa koneksi internet di Indonesia sering putus adalah dikarenakan DNS server yang dipakai oleh internet service provider (ISP) kurang memadai dalam melayani banyaknya member yang berlangganan pada provider tersebut. Untuk mengatasi hal itu, kita sebagai konsumen bisa melakukan komplain kepada pihak ISP tentang DNS server yang mereka sediakan.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, kita juga bisa menggunakan DNS publik luar negeri yang memang disediakan bagi pengguna internet di seluruh dunia. Ada dua DNS publik yang terkenal dikalangan pengguna internet yaitu OpenDNS dan Google DNS. Soal kualitas, jangan ditanyakan lagi karena memang keduanya mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan DNS yang disediakan oleh ISP di Indonesia. Pendapat ini hanya pendapat pribadi kami selama menggunakan layanan ISP Indonesia.

Google DNS Public 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

OpenDNS Public 208.67.222.222 dan 208.67.220.220

Jika ingin menggunakan DNS publik milik Google dan OpenDNS, ikuti petunjuk berikut ini :

  • Buka Control Panel, kemudian pilih Network Connections.
  • Pilih jenis koneksi apa yang ingin anda gunakan. Sebagai contoh pada kantor kami, kami menggunakan wireless sebagai default dari koneksi internet, maka yang harus dirubah adalah setting DNS pada wireless tersebut.
    Conections
  • Klik kanan wireless dan pilih Properties.
  • Klik bagian Internet Protocol TCP/IP dari jendela network yang terbuka, kemudian klik tombol Properties.
    Wirreles properties
  • Pada bagian Use the following DNS addresses, gunakan DNS dari OpenDNS atau Google DNS. Anda juga bisa mengkombinasikan antara keduanya.
    DNS public
  • Kil tombol OK dan lanjutkan klik Close pada bagian Network Connections.

Jika ingin memaksimalkan dan mempercepat koneski internet, anda juga bisa mematikan service dari QOS Packet Scheduler pada bagian Network Connections (Mematikan QOS Packet Scheduler bisa mempercepat koneksi internet hingga mencapai 20% dari kecepatan semula).

qos-packet-scheduler

Trik ini dapat diaplikasikan pada semua ISP yang anda pakai, baik itu melalui kabel telephone, modem GSM, modem CDMA, satellite atau juga bisa digunakan pada hotspot milik publik seperti yang ada di mall atau cafe.

source: blog.fastncheap.com
Demikian Informasi mengenai Cara Mengganti DNS dengan DNS Publik milik Google dan OpenDNS semoga berguna dan bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga artikel yang mungkin terkait :